Laman

Kamis, 23 April 2009

Membuat Teka Teki Silang Dengan Software Crossword Forge

Teka teki silang biasanya digunakan untuk mengasah otak ketika ada waktu senggang / kosong, akan tetapi sangat sulit bagi kita untuk membuat teka teki silang sendiri, apalagi berbentuk flash yang memerlukan tingkat keahlian yang tinggi. Namun jangan berkecil hati dulu, ada suatu software yang dapat membuat teka teki silang hanya dengan hitungan menit, nama software-nya adalah Crossword Forge. Dengan software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif yang hasilnya dapat kita berikan kepada teman dan sahabat, atau mungkin para guru dan dosen dapat membuat teka teki silang yang diberikan kepada murid atau mahasiswanya sebagai bahan latihan untuk lebih mendalami materi pelajaran/kuliah yang
telah diberikan.

Dibawah ini tampilan dari Software Crossword Forge :

Image and video hosting by TinyPic


Untuk memulai project baru dalam membuat teka teki silang berbentuk flash baru pada Menu File pilih New atau menggunakan shortcut keyboard CTRL + N.

Ada 5 kategori yang harus diatur yaitu :

Tab Title :

Image and video hosting by TinyPic


Pada bagian title ini tentukan judul/tema dari teka teki silang dan tentukan alignment atau perataan huruf judul ini apakah rata kiri, tengah atau rata kanan.Dan tentukan juga jenis huruf, ukuran huruf, dan style pada bagian font, size dan style.

Tab Clues :

Image and video hosting by TinyPic


Isikan daftar pertanyaan pada kotak clues dan jawabannya pada kotak answer.

Tab Backdrop :

Image and video hosting by TinyPic


Pada tab ini tentukan warna latar belakang apakah no backdrop / tidak ada warna, solid backdrop / satu warna, dan picture backdrop / mengambil salah satu gambar yang anda miliki.

Tab Puzle :

Image and video hosting by TinyPic


Pada tab puzzle tentukan apakah berbentuk teka teki silang / crossword atau word search / pencarian kata acak.


Tab Advanced :

Image and video hosting by TinyPic


Pada tab ini anda dapat mengatur ukuran, dan lebar dari kotak teka teki silang, serta menentukan jenis bahasa dari teka teki silang yang akan dibuat.Setelah selesai membuat teka teki silang kita dapat mengekspor/menyimpan project yang kita buat menjadi flash dengan cara memilih pada menu File > Export atau dengan shortcut keyboard CTRL + E, pilih web pada menu sebelah kanan.


Image and video hosting by TinyPic


Tentukan judulnya pada puzzle name sesuai dengan judul teka teki silang yang telah dibuat.
Save puzzle to : tentukan folder penyimpanan teka teki silang yang telah dibuat ke suatu folder.
Position clues on : meletakkan daftar pertanyaan apakah berada pada bagian kiri, kanan atau bawah.Show across & down list simultaneously : Memisahkan daftar pertanyaan mendatar atau menurun menjadi 2 bagian.Enable hint menu : menentukan seberapa banyak pemain meminta bantuan sebuah tulisan atau kata pada jawaban teka teki silang apakah tidak terbatas atau terbatas.Enable check menu : menentukan seberapa banyak pemain meminta bantuan untuk memeriksa sebuah kata pada teka teki silang apakah tidak terbatas atau terbatas.
Page color : latar belakang warna dari teka teki silang .Control accent color : menentukan jenis warna yang akan dipakai dari menu teka teki silang.Jika telah selesai dengan pengaturannya klik tombol export.

Dibawah ini screenshot teka teki silang yang saya buat dengan software Crossword Forge.

Image and video hosting by TinyPic
Anda dapat mendownload teka teki silang yang saya buat dibawah ini :


Teka Teki Kata Silang


Dan di bawah ini jenis lain dari teka teki yang saya buat yaitu teka teki kata acak.

Image and video hosting by TinyPic

Teka Teki Kata Acak



"Semoga dapat membantu."

Anda dapat mendownload softwarenya pada Link dibawah ini :


Crossword Forge 01

Crossword Forge 02








  • Share
  • [i]

0 komentar: