Laman

Rabu, 29 April 2009

"Membuat Dan Menyimpan Database Password Dengan Aplikasi Password Container"

Setiap pengguna komputer minimal mempunyai satu atau lebih password untuk mengakses accountnya. Dalam hal ini password tentunya harus sangat dijaga kerahasiaanya agar tidak dapat diketahui oleh orang yang tidak berhak untuk mengakses account anda. Jika anda hanya mempunyai beberapa account yang membutuhkan password tidaklah terlalu sulit untuk mengingatnya.Tetapi bagaimana jika anda mempunyai banyak account seperti password email, jaringan, FTP, yang jumlahnya ratusan password. Akan sangat sulit untuk mengingatnya satu-persatu, atau menuliskannya ke dalam sebuah catatan khusus dan hanya anda yang tau jika catatan tersebut hilang, maka anda tidak akan pernah dapat masuk ke dalam account anda kecuali ingat password yang ada dalam catatan tersebut. Akan sangat berbahaya lagi apabila diketahui oleh orang lain yang menemukan catatan sehingga ia dapat mengakses account anda dengan bebasnya dan yang lebih parahnya lagi mengganti passwordnya.Tutorial kali ini akan memberikan informasi kepada anda bagaimana caranya agar password yang kita miliki dapat tersimpan dengan aman dan tidak mudah untuk diketahui oleh orang lain dengan menggunakan aplikasi password container. Password Container adalah aplikasi password manager untuk sistem operasi windows dan keuntungannya aplikasi ini gratis kita gunakan tanpa harus membayar lisensinya karena aplikasi ini idistribusikan melalui GNU General Public Licence.
Password Container mendukung password groups, artinya anda dapat mengurutkan password berdasarkan kategorinya misalnya Windows, Internet, Email. Anda dapat mendrag dan drop password tanpa harus mengetiknya ke dalam teksbox yang biasanya berisi username dan password dari sebuah situs web. Aplikasi ini juga dapat mengeksport database password yang telah dibuat ke dalam beberapa format seperti TXT, HTML, XML, dan CSV. Selain itu aplikasi ini juga dapat mengimpor data dari berbagai macam format seperti password Safe v2 TXT files, dan CSV files.Saya sendiri telah menggunakan aplikasi ini untuk menyimpan password-password yang saya miliki karena keandalan dan keamananya, saya tidak perlu mengingat semua password account yang akan saya gunakan, karena semua password tersebut sudah tersimpan secara otomatis dalam database yang telah kita buat dengan aplikasi ini.


"Berikut beberapa kelebihan lainnya dari aplikasi ini :

* Low memory requirement : tidak memerlukan penggunaan memori yang besar, dan penggunaan CPU yang tidak terlalu berpengaruh pada sistem.
* Open Source : Password Container gratis untuk digunakan dan anda dapat mengakses penuh kode sumber dari aplikasi ini dan mengubahnya sesuai dengan keinginan.
* Highly encrypted databases : Password Container mendukung enkripsi tingkat tinggi seperti Advanced Encryption Standard (AES) dan algoritma Twofish untuk mengenkripsi database password yang dibuat.
* Intuitive and secure Windows clipboard handling : Anda dapat mengklik dua kali daftar password untuk mencopynya ke dalam windows lipboard.
* Timed clipboard clearing: Password Container dapat menghapus secara otomatis password yang telah dicopy ke dalam Windows Clipboard sesuai waktu yang telah anda tentukan.

Aplikasi ini bersifat portable, jika anda akan menguninstallnya dari Add Remove Program control panel, sebaiknya copy terlebih dahulu folder Password Container yang ada di C:\Program Files\Password container\ ke dalam suatu folder lainnya agar jika anda ingin menggunakannya aplikasi nantinya anda tidak perlu menginstallnya kembali.

"Dibawah ini tampilan aplikasi Password container setelah dijalankan :

Image and video hosting by TinyPic

Untuk mulai membuat database password pada menu File > New Database atau dengan shortcut keyboard CTRL +
N, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Image and video hosting by TinyPic

Masukkan password yang anda inginkan pada textbox Enter Password, anda juga dapat membuat password secara otomatis dengan mengklik Generate Random Password, pilihlah kategori dengan memberi tanda centang pada kotak yang disediakan dan tentukan number of character isi dengan angka sesuka anda seperti gambar dibawah ini.

Image and video hosting by TinyPic

Jika telah selesai klik Accept, sebaiknya anda copy hasil pembuatan password jika menggunakan generate random password dan masukkan password sekali lagi pada textbox Enter Password. Anda siap untuk membuat database password yang masih kosong.
Anda dapat menambahkan grup baru pada database password caranya dengan mengklik menu Edit > Add Password Group atau dengan shortcut keyboard CTRL + G.

Image and video hosting by TinyPic

Masukkan nama dari judul grup tersebut dan pilihlah icon untuk grup tersebut dengan mengklik gambar icon dan jika telah selesai klik OK.

"Menambahkan Entry Password Data Baru Dalam Database Password.

Setelah menambah grup baru pada database password, sekarang saatnya menambahkan entry password data baru pada grup yang telah dibuat melalui Menu Edit >Add Entry atau dengan shortcut keyboard CTRL + Y.

Image and video hosting by TinyPic


"Keterangan :

Group : Pilihlah salah satu grup yang akan ditambahkan data baru
Icon : Pilihlah icon pada data password ini yang akan ditampilkan pada database nantinya
Title : Masukkan judul pada data account password ini
User Name : Masukan nama pengguna
URL : Masukkan link situs web account ini, jika tidak ada dapat dikosongkan
Password : masukkan password pada data ini
Repeat Password : otomatis terisi jika anda menggunakan Generate Random Password, jika menulis secara manual masukkan lagi pada kotak ini
Quality : Tingkat kualitas password dalam hitungan bit

Note : Berikan catatan pada data ini jika dirasa perlu Jika telah selesai klik OK, dan anda baru saja telah menambahkan data baru pada grup yang dipililh. Ulangi langkah tersebut untuk membuat data account password anda yang lainnya. Sekarang saatnya menyimpan database password yang telah dibuat dengan cara klik File > Save Database atau dengan shortcut keyboard CTRL + S, masukkan nama dari database password ini dan klik OK.

Selesailah sudah pembuatan database password menggunakan aplikasi Password Container, pada saat anda akan membuka database password yang telah dibuat sebelumnya dapat di buka dengan cara klik File > Open
Database atau dengan shortcut keyboard CTRL + O. Pilihlah salah satu database password yang akan anda buka dan masukkan passwordnya.

Image and video hosting by TinyPic

Jika password yang anda masukkan salah akan tampil gambar dibawah ini :

Image and video hosting by TinyPic

Ulangi lagi sampai password yang anda masukkan betul.

"Shortcut Keyboard Penggunaan Aplikasi Password Container
Bantuan = F1


"Menu File"

Membuat database password baru / New database = CTRL + N
Membuka database password / Open database = CTRL + O
Menutup database password yang aktif / Close database = CTRL + W
Menyimpan database password / Save database = CTRL + S
Pengaturan database password / Database settings = CTRL + I
Mencetak / Print = CTRL + P
Mengunci area kerja / Lock workspace = CTRL + L
Keluar / Exit = CTRL + X

"Menu Edit"

Menambah password grup baru / Add password group = CTRL + G
Mencopy user name ke clipboard / Copy user name to clipboard= CTRL + B
Membuka link URL / Open URL (S) = CTRL + U
Mencopy password ke clipboard / Copy password to clipboard = CTRL + C
Perform auto type = CTRL + V
Menambah entri data / Add entry = CTRL + Y
Mengedit atau melihat entri data / Edit/view entry = CTRL + E
Duplikasi entri data / Duplicate entry = CTRL + K
Menghapus entri data / Delete entry = CTRL + D
Memilih semua / Select all = CTRL + A
Mencari kata dalam database / Find in database = CTRL + F

"Menu View"

Menyembunyikan nama pengguna dengan tanda bintang / Hide user name behind asterisk (***) = CTRL + J
Menyembunyikan password dengan tanda bintang / Hide passwords behind asterisk (***) = CTRL + H

"Menu Tools"

Membuat password generator / Password generator = CTRL + Z
Pengaturan / Options = CTRL + O

Semoga bermanfaat.

Anda dapat mendownload softwarenya pada alamat di bawah ini :



Password Container
  • Share
  • [i]

0 komentar: