Laman

Sabtu, 18 April 2009

Pengenalan AutoCAD





AutoCAD merupakan sebuah program komputer grafis yang terdapat dipasaran. Yang mengkhususkan diri untuk membuat gambar kerja dalam bidang rekayasa (engineering). Dengan AutoCAD para insinyur arsitektur dapat membuat gambar kerja rancangan bangunan menjadi lebih mudah, cepat, presisi, dan menarik.Dengan AutoCAD para insinyur teknik sipildapat membuat gambar kerja hasil perhitungan dan sesudah bangunan selesaidibangun. Selain itu para insinyur teknik mesin dapat membuat mesin rancangannya secara lebih mudah,cepat dan memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi. AutoCAD sudah menjadi suatu program standar de facto dewasa ini dan dipergunakan oleh banyak orang
AutoCAD dikembangkan (dibuat) oleh Autodesk, Inc.: sebuah perusahaan raksasa perangkat lunak yang berbasis si Amerika. Autodesk telah banyak mengeluarkan program-program grafis yang telah menjadi standar dunia, sebut saja 3D studio MAX, Lightscape, Autodesk Animator, AutoMAP dan masih banyak lagi
AutoCAD merupakan prgram Computer Aided Design (CAD), yang berrati merancang berbantu komputer, memiliki fungdi ysng universal , dalam arti bahwa AutoCAD dapat digunakan untuk banyak tugas sebagai suatu alat yang serba guna. AutoCAD dapat anda pergunakan untuk menunjang pekerjaan bersifat formal dan non formal. Dan dapat anda pergunakan untuk membuat gambar serius , seperti gambarkerja, denah, atau pembuatan obyak modeling rancangan kreasi anda.





"Melukis Objek 3 Dimensi"



Untuk melukis objek 3 Dimensi, anda perlu tahu bagaimana untuk menjadikan polyline 3D, penggunaan toolbar solids, serta tahu mengubah kedudukan paksi x,y dan z.

Ini adalah lukisan yang kita kerjakan dan ikuti langkah-langkah dibawah dengan perpaduan dimensi pada lukisan ini.


Image and video hosting by TinyPic


Langkah dasar pertama untuk melakukan lukisan anda ialah :




1. Ubah kedudukan objek 2D ke 3D yaitu dengan memilih SE Isometric pada view toolbar.

2. Kemudian lukis polyline tersebut.( pada gambar diatas )

3. Cantumkan ketiga-tiga blok yang telah dilukis tersebut

4. Rubah selinder dengan memilih bentuk selinder pada solids toolbar.(pastikan anda mengubah kedudukan objek x,y dan z pada kedudukan yang betul supaya selinder tersebut dapat berada pada kedudukan yang dikehendaki).
5. Setelah itu, tempatkan keempat-empat blok tadi dengan memilih union.

6. Setelah blok tadi ditempatkan menjadi satu,selinder kecil ditempatkan pada bulatan dan blok tadi.

7. Kemudian, pilih subtract dan pilih blok tadi,kemudian Enter.Pilih selinder kecil pula dan tekan Enter sekali lagi.Anda akan dapati blok tadi dan akan menghasilkan satu lubang. Pilih Flat Shade pada Shade Toolbar untuk mengubah menjadi 3 Dimensi.
8. Ubah kedudukan objek x,y dan z sekali lagi untuk membuat bulatan pada atas blok tadi.

9. Ulangi langkah 7 untuk menghasilkan lubang pada blok tersebut.

10.Terakhir atur fillet yaitu 4mm pada setiap blok - blok tadi,atau terserah anda masukan radiusnya dan klik pada garis-garis tersebut.

11.Maka siaplah sudah objek 3 Dimensi anda.



lihat video dibawah ini,untuk mengatahui langkah untuk melukis objek tersebut :


  • Share
  • [i]

0 komentar: